Dirgantari, Sarah Zoneka Putri and Idrus, Irdam and Kasrina, Kasrina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIB SMPN 1 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik
dan hasil belajar peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru
dan seluruh peserta didik kelas VIIB SMPN 1 Bengkulu Selatan. Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif. Aktivitas guru di siklus I memperoleh skor 26 dengan kriteria baik,
pada siklus II meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik. Aktivitas peserta didik
di siklus I memperoleh skor 29 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat
menjadi 29 dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif siklus I
memiliki persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dengan kriteria
belum tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 85% dengan kriteria tuntas,
sedangkan pada aspek psikomotor pada siklus I memiliki skor rata-rata 10.75 dan
meningkat di siklus II menjadi 11,25. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Model
Pembelajaran Berbasis Masalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta
didik dan hasil belajar peserta didik
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, aktivitas pembelajaran dan
hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12482 |