PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIIIB DI SMP N 22 KOTA BENGKULU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Zulianda, vIONA and Irawati, Sri and Yennita, Yennita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIIIB DI SMP N 22 KOTA BENGKULU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas
belajar peserta didik, keterampilan proses sains peserta didik, serta hasil belajar
kognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing
di kelas VIIIB SMPN 22 Kota Bengkulu pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua
siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIIIB SMPN 22 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019,
yang terdiri dari 27 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah model
pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains peserta didik. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian
berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian observasi aktivitas guru pada
siklus I diperoleh skor rata-rata 55, siklus II meningkat menjadi 58. Aktivitas
peserta didik pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 55, siklus II meningkat menjadi
59. Hasil data keterampilan proses sains peserta didik pada siklus I dengan
rerata 2,57. siklus II meningkat menjadi 2,81. Hasil belajar ranah kognitif pada
siklus I mendapatkan persentase sebesar 67% dengan rata-rata nilai 77,77 (belum
tuntas) dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan rata-rata nilai 81,48
(tuntas). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terbimbing dapat
mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik dan hasil belajar peserta
didik kelas VIIIB SMPN 22 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Aktivitas Peserta
Didik, Aktivitas dan Guru, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item
View Item