PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA

Safitri, Afrilia and Elita, Yessy and Afriyati, Vira (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan
bimbingan kelompokdengan menggunakan metode time token arends untuk
meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu
Utara. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain
one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu berjumlah 12 orang. Prosedur
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dengan skala model Likert. Teknik analisis data
menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkatketerampilan
sosial mahasiswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 178,33 dengan
kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 256,42dengan
kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-9,219)danp= 0.000 maka p<0.05,
sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang
signifikan terhadap peningkatan keterampilan sosial sebelum dan setelah diberi
layananbimbingan kelompok dengan metode time token arends.
Kata kunci: keterampilan sosial, layanan bimbingan kelompok , metode time
token arends.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:24
Last Modified: 06 Jul 2023 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item
View Item