STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Manalu, Christin Merlin Junita and Dharmayana, I Wayan and Sinthia, Rita (2018) STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa
yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII di SMP
Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah
empat kelas dari kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu, yang telah dirandom.
Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada
siswa kelas VIII yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial. Hal ini
terlihat dari hasil uji hipotesis dengan uji beda (t-test) thitung = 3,217, dengan p =
0,002, dan ttabel = 1,65481, maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan H0
ditolak dan Ha diterima, yang artinya Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang
intensitas penggunaan media sosialnya tinggi dengan siswa yang intensitas
penggunaan media sosialnya rendah.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Intensitas penggunaan media sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:54
Last Modified: 07 Jul 2023 00:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item
View Item