Adyan, Faiz Brikinzky and Purwanto, Andik and Nirwana, Nirwana (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY DI KELAS XI MIPA A SMAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi real faiz.pdf [thumbnail of skripsi real faiz.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi real faiz.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar,
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah peneitian tindakan
kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA A SMAN 2 Kota
Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
jumlah skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 26 dalam kategori
cukup, siklus II sebesar 34 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 36 dalam
kategori baik. Motivasi belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran
berada pada kategori rendah dengan skor 44,18, dan pada saat setelah mengikuti
proses pembelajaran skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi
62,06 yang berada pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
73,59, kemudian pada siklus II sebesar 75,93 dan pada siklus III sebesar 80,15.
Hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh daya serap
siswa sebesar 73,59% dan ketuntasan belajar sebesar 68,75% (belum tuntas),
meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 75,93% dan
ketuntasan belajar sebesar 84,37%(tuntas), meningkat dibandingkan dibandingkan
siklus I dan II yaitu siklus III diperoleh daya serap sebesar 80,15% dan ketuntasan
belajar sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan Virtual Laboratory dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Virtual Laboratory, Motivasi Belajar
dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12596 |