PENGARUH PROJECT BASED LEARNING MODEL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI IPA 1 SMAN 1 KOTA BENGKULU (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN)

Utomo, Niko and Purwanto, Andik and Desy, Hanisa Putri (2019) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING MODEL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI IPA 1 SMAN 1 KOTA BENGKULU (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh yang
signifikan penerapan project based learning model terhadap sikap ilmiah dan hasil
belajar siswa. Penelitian dilakukan di dua kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bengkulu.
Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang
sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas XI IPA 1
sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas
pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 56 siswa yang terdiri
dari 28 siswa dari kelas XI IPA 1 dan 28 siswa dari kelas XI IPA 2. Jenis penelitian
ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk sikap ilmiah siswa dan tes
untuk hasil belajar fisika. Analisis data menggunakan uji-t dua sample indenpendent
dengan rumus t-test polled varian untuk hasil belajar dan uji-t berpasangan (paired
t-test) untuk sikap ilmiah siswa serta uji effect size dengan rumus Cohen’s. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap sikap
ilmiah dan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan project based
learning model dengan siswa yang diajarkan dengan direct instruction model (thitung = 24,44 untuk variabel sikap ilmiah dan thitung = 2,60 untuk variabel hasil belajar
yang lebih besar dari ttabel = 2,00). Sedangkan besar pengaruh, menurut Cohen’s
sebesar 96,4% untuk variabel sikap ilmiah dan 76% untuk variable hasil belajar,
sehingga dapat disimpulkan bahwa project based learning model berpengaruh
secara signifikan terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Sikap ilmiah siswa, hasil belajar siswa, project based learning model

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:31
Last Modified: 10 Jul 2023 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item
View Item