Rarantika, Astri and Zulkarnain, Rufran and Ririn, Gusti (2019) KEHIDUPAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU YANG MEMPUNYAI HOBBY GAME (Studi kasus mahasiswa Unib sebagai gamers Pada Gamers Station di JL. Fatmawati Kel. Penurunan Kec. Ratusamban Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FULL ASTRI RARANTIKA.pdf [thumbnail of SKRIPSI FULL ASTRI RARANTIKA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI FULL ASTRI RARANTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kehidupan mahasiswa 
Universitas Bengkulu yang mempunyai hobby game ( Studi Kasus 
Mahasiswa Unib sebagai gamers pada Gamers Station di JL. Fatmawati 
Kel. Penurunan Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu, subjek dalam
penelitian ini sebanyak tiga orang. Penelitian ini adalah penelitian 
kualitatif.Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, 
observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi reduksi data, 
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan dengan 
menggunakan teknik trianggulasi teknik, trianggulasi waktu dan 
trianggulasi subek. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, faktor 
penyebab mahasiswa ketagihan bermain game onlinedisebabkan oleh 
faktor kepuasan yang dirasakan oleh ketiga subjek dengan tujuan untuk 
kesenangan karena merasa penat dengan aktifitas perkuliahan dan 
didasarkan atas mengisi kekosongan hari untuk dipergunakan agar merasa 
terhibur dan menghilangkan stress serta menambah teman. Kedua, prilaku 
sosial mahasiswa gamers dikampus menunjukan tindakan-tindakan yang 
baik dan rasa hormat kepada orang lain. Ketiga subjek adalah mahasiswa 
yang aktif dalam mengikuti aktifitas kampus dibuktikan dengan 
keikutsertaan subjek dalam perkuliahan dan organisasi kampus.Ketiga, prilaku moral mahasiswa gamers dikampusyaitu menampilkan diri sebagai 
sosok yang bermoral baik. Nilai moral tersebut seperti kesopanan, ramah, 
rendah hati, suka menolong tertanam di dalam diri ketiga subjek.Keempat,
cara mengendalikan hobby bermain game online agar tidak berpengaruh 
pada prestasi akademik bahwa ketiga subjek mempunyai niat yang kuat 
untuk mengatasi dan menghindari kecanduan game dengan menanamkan 
kedalam diri mereka bahwa kegiatan bermain game merupakan fasilitas 
penghibur atas kepenatan dan stress yang dialami dikehidupan sehari-hari.
Kata Kunci :Kehidupan, Mahasiswa Unib, Hobby Bermain , Game
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:46 | 
| Last Modified: | 12 Jul 2023 06:46 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12813 | 

