PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR GUGUS II KABUPATEN LEBONG

Fercifera, Yoan and Resnani, Resnani and Pebrian, Tarmizi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR GUGUS II KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI YOAN.pdf] Text
SKRIPSI YOAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Think-Talk-Write terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi
pada siswa kelas III SDN Gugus II Kabupaten Lebong. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental.
Jenis desain The Matching Only Posttest Control Design. Populasi dalam
penelitian ini SDN Gugus II Kabupaten Lebong. Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dari penelitian ini
adalah siswa SDN 20 sebagai kelas kontrol dan SDN 67 sebagai kelas
eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes menulis
karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistik
deskriptif, uji prasyarat dan inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diketahui
bahwa rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol (67,25) dan pada kelas
eksperimen sebesar (78,81) perbandingan antara kedua sampel tersebut sebesar
14,6%.Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 5,250>nilai ttabel pada taraf signifikan 5%
sebesar 2,023, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media model TTW terhadap kemampuan menulis
karangan deskripsi pada siswa kelas III SDN Gugus II Lebong.
Kata kunci : Model pembelajaran Think-Talk-Write, Menulis, Karangan
Deskripsi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:16
Last Modified: 13 Jul 2023 08:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item
View Item