Randi, Ade and Winarni, Endang Widi and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI - ADE RANDI.pdf [thumbnail of SKRIPSI - ADE RANDI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI - ADE RANDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group 
Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada 
pembelajaran Tematik di SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini 
adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. 
Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group 
Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus XII Kota 
Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 terdiri dari 3 SD yaitu SD Negeri 
20, SD Negeri 99, dan SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil 
menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA SD 
Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas 
VA SD Negeri 99 Kota Bengkulu sebagai kelas control berjumlah 36 siswa, dan 
kelas VI SD Negeri 20 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 
29 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis yang 
berjumlah 8 butir soal dengan bentuk soal uraian. Hasil uji t gain skor didapatkan 
harga thitung sebesar 7,91 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,00. Artinya Ha 
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan 
model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 
V pada pembelajaran Tematik di SDN Gugus XII Kota Bengkulu. 
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Group Investigation (GI), dan 
Kemampuan Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:04 | 
| Last Modified: | 17 Jul 2023 02:04 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13237 | 

