Udiyana, Dilla Dwi and Djuwita, Puspa and Pebrian, Tarmizi (2018) IMPLEMENTASI SAPA PAGI DALAM PEMBINAAN ETIKA SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU (STUDY ANALISIS DESKRPTIF). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![DILLA DWI UDIYANA.pdf [thumbnail of DILLA DWI UDIYANA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DILLA DWI UDIYANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sapa pagi dalam
pembinaan etika sosial pada perilaku budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan
santun). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif
dengan metode deskriptif dan teknik persentase. Subjek Penelitian adalah siswa
kelas VB berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian adalah Penelitian kualitatif
yaitu peneliti sendiri, dibantu pedoman observasi dan wawancara ditambah
lembar kuesioner). Teknik analisis data observasi dan wawancara secara narasi
sedangkan data kuesioner (teknik persentase). Dari hasil penelitian dengan
rincian perolehan hasil penelitian yang melaksanakan Budaya 5S dengan baik
sebanyak 18 siswa (69,23%) mampu memahami implementasi sapa pagi ini
membuktikan adanya hubungan implementasi sapa pagi dan perilaku siswa,
sebanyak 24 siswa (92,30%) mampu memiliki sikap senyum, sebanyak 23 siswa
(88,46%) mampu memiliki sikap sapa, sebanyak 25 siswa (96,15%) mampu
memiliki sikap salam, sebanyak 23 siswa (88,46%) mampu memiliki sikap sopan,
sebanyak 23 siswa (88,46%) mampu memiliki sikap santun. Sehingga hasil
kesimpulan penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa siswa kelas VB sudah
melaksanakan Budaya 5S dengan baik.
Kata kunci: Etika Sosial, Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13297 |