Martika, Mela and Lusa, Herman and Wurjinem, Wurjinem (2018) PENGARUH KOMUNIKASI GURU PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSII.pdf [thumbnail of SKRIPSII.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru pada
pembelajaran Pkn dengan penggunaan pendekatan saintifik terhadap motivasi
belajar siswa di kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The
matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah skala likert angket komunikasi guru pendekatan saintifik dan
angket motivasi belajar. Pengambilan angket dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh SDN Gugus IX Kota Bengkulu , Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 73 dan siswa kelas VB SDN 82 Kota
Bengkulu. Hasil uji-t komunikasi guru didapatkan thitung 4,12> ttabel 1,67793 dan
motivasi belajar didapatkan thitung 5, 396> ttabel 1,67793. Nilai thitung yang diperoleh
lebih tinggi dari nilai ttabel pada taraf singnifikan 5 %. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru pada
pembelajaran Ppkn dengan penggunaan pendekatan Saintifik terhadap motivasi
belajar siswa di kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu.
Kata kunci: Komunikasi guru ,Saintifik , Motivasi Belajar, Pkn
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13344 |