Wulandari, Novita and Yusuf, Syahril and Abdul, Muktadir (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS III SDN 101 KOTABENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NOVITA WULANDARI (A1G014077).pdf [thumbnail of NOVITA WULANDARI (A1G014077).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NOVITA WULANDARI (A1G014077).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle
terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar
siswa terpengaruh oleh penerapan media puzzle. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan
sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Sampel dalam
penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas III B di SDN 101
Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas III A di SDN 101 Kota
Bengkulu sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui
pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran
berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t (independent sample t-test). Data
hasil penelitian yang diolah menggunakan uji t didapatkan thitung sebesar 4,26 dan
nilai ttabelsebesar 1,678. Secara sistematis terlihat thitung 4,26>ttabel 1,678 pada taraf
signifikan 5%, maka terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran PKn kelasIII SDN 101 Kota Bengkulu.
Presentase peningkatan hasil pretest dan posttest siswa pada kelas eksperimen
sebesar 40,45%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30,58%. Artinya
pembelajaran dengan menerapkan media puzzle dapat memengaruhi hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Media Puzzle, hasil belajar, PKn.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13390 |