Simandika, Pran and Lukman, Lukman and Herman, Lusa (2018) STUDI DESKRIPTIF PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK PRAMUKA PENGGALANG SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Pran Simandika_A1G013094.pdf [thumbnail of Pran Simandika_A1G013094.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pran Simandika_A1G013094.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan
Kepramukaan dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak pramuka
penggalang SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah
pembina pramuka dan anak pramuka penggalang SD Negeri 68 Kota Bengkulu.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi
dengan uji kredibilitas data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan
membercheck. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi
data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu
pelaksanaan Pendidikaan Kepramukaan di sekolah SD Negeri 68 Kota Bengkulu
sudah menanamkan sikap tanggung jawab anak Pramuka Penggalang. Dalam
pelaksanaan metode yang digunakan dalam menanamkan sikap tanggung jawab
(sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri, sosil dan Tuhan Yang Maha Esa)
dengan menerapkan Metode Kepramukaan 1) Pengamalan Kode Kehormatan. 2)
Belajar sambil melakukan. 3) sistem beregu. 4) kegiatan di alam terbuka. 5)
kegiatan menantang dan menarik. 6) kemitraan dengan orang dewasa. Dalam
menggunakan metode kepramukaan ini pembina menerapkan sistem among,
sementara itu sistem among dilaksanakan dengan menerapkan prinsip
kepemimpinan 1) di depan menjadi teladan atau Ing Ngarso Sung Tulodo
(Menjadikan dirinya contoh atau teladan yang baik dalam perbuatan atau
perkataan dan pendekatan). 2) di tengah membangun kemauan (memberikan
hukuman atau penghargaan/reward, menetapkan aturan, memberikan kepercayaan,
memberikan ajakan dan memperhatikan keadaan anak). 3) di belakang memberi
dorongan dan motivasi (memberikan nasihat).
Kata kunci: Pendidikan Kepramukaan, Pramuka Penggalang, Tanggung
Jawab
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13408 |