Afriani, Ririn and Winarni, Endang Widi and Sri, Ken Kustianti (2018) STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV/B SDN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap perencanaan, pelaksanaan,
dan penilaian penggunaan pendekatan scientific dalam pembelajaran Tematik
untuk peningkatan hasil belajar siswa di SDN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas
IV/B SDN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah�langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan
triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan pembelajaran, semua komponen-komponen yang ada sudah lengkap,
diantaranya: (a) menetapkan tema, (b) identitas RPP, (c) menetapkan kompetensi inti/ KI, kompetensi dasar/ KD, (d) merumuskan indikator, (e)
tujuan pembelajaran, (f) materi pembelajaran, (g) pendekatan/metode, (h)
alat/media, (i) sumber pembelajaran, (j) penilaian; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan
scientific secara baik. 3) Guru telah melaksanakan penilaian aspek sikap, aspek
pengetahuan dan aspek keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa d a la m p ro se s pe mb el aj a r an
guru telah melaksankan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi
pembelajaran Tematik dengan menerapkan pendekatan scientific secara optimal
dan efektif.
Kata Kunci: pendekatan scientific, pembelajaran tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:44 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13431 |