PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE KOTA BENGKULU

Aisyah, Siti and Gunawan, Ansyori and Hasnawati, Hasnawati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SITI ASIYAH (A1G014048).pdf] Text
SKRIPSI SITI ASIYAH (A1G014048).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV
SD Negeri se Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain
penelitian The Matching Only Pretest-posttest Control Group Design. Tes
dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan
pada kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV sekolah dasar di Kota Bengkulu yang masih menggunakan KTSP yaitu
sebanyak 15 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
Cluster Random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB
SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN
60 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes
hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan
posttest. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis
inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian yang dilakukan dari perbedaan
perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sedangkan kelompok kontrol
menggunakan pembelajaran konvensiaonal, diperoleh bahwa nilai rata-rata
posttest pada kelompok eksperimen 78,708 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest
kelompok kontrol 62,170 dan didapat hasil uji hipotesis dengan menggunakan
uji-t dengan thitung sebesar 4,366 dan ttabel 1,678 pada taraf signifikan 5%. Hasil
tersebut menunjukkan thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, tipe Make A Match, hasil
belajar, matematika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:02
Last Modified: 18 Jul 2023 02:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item
View Item