Jannah, Anisa Rodiatul and Nasirun, Nasirun and Anni, Suprapti (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Anisa Rodiatul Jannah.pdf [thumbnail of Skripsi Anisa Rodiatul Jannah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Anisa Rodiatul Jannah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan
melalui metode outdoor learning menggunakan media lingkungan sekitar pada
kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan
melalui siklus dengan tahapan planning, acting, observing, dan reflecting. Subjek
dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu yang
berjumlah 17 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 8 orang
anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan
analisi data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa melalui metode outdoor learning menggunakan media
lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak dari
rata-rata siklus I yaitu 2.77 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu
4.08 dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan berhitung permulaan
anak difokuskan pada aspek mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Pada
aspek konsep bilangan anak sudah mampu dalam membilang dengan menunjuk
benda, dan mengurutkan bilangan 1-10 dengan benda. Pada aspek lambang bilangan
anak sudah mampu dalam menunjuk lambang bilangan dan memasangkan benda
dengan lambang bilangan 1-10. Namun dalam penelitian ini masih terdapat
kelemahan dalam pelaksanaan, guru masih kesulitan dalam mengkondisikan anak
saat melakukan kegiatan diluar kelas. Maka disarankan untuk penelitian lebih lanjut
agar dapat meningkatkan kemampuan berhitung dengan metode yang lebih bervariasi
dan melakukan strategi agar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak secara
optimal.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Metode Outdoor Learning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13450 |