Siagian, Elisabet and Hanifah, Hanifah and Rusdi, Rusdi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN TPS PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ELISABET SIAGIAN(A1C014071).pdf [thumbnail of SKRIPSI ELISABET SIAGIAN(A1C014071).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELISABET SIAGIAN(A1C014071).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (25MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan TPS pada materi bangun ruang sisi
datar prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Jenis Penelitian
yang dilaksanakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan teknik
pengumpulan data melalui tes akhir (Posttest) Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa tahun ajaran 2017/2018.
Sampel penelitian ditentukan secara Simple random sampling sehingga diperoleh
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 31 siswa dan VIII B
sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen 1
pembelajarannya dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajarannya dilaksanakan menggunakan
model pemeblajaran kooperatof tipe TPS. Data hasil penelitian dianalisis dengan
uji-t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sama dengan
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan TPS pada taraf signifikansi
5%, dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 71,90 dan rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen 2 adalah 66,63.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Model
Pembelajaran Kooperatif tipe TPS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13857 |