PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Nurlianti, Lundy Eka and Rusdi, Rusdi and Agus, Susanta (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of LUNDY EKA NURLIANTI SKRIPSI.pdf] Text
LUNDY EKA NURLIANTI SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model Connecting,
Organizing, Reflecting, Extending (CORE) sehingga dapat meningkatkan aktivitas
belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 02 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan Instrumen lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 02 Kota
Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 35 orang, terdiri
dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3
siklus dari tanggal 5 April 2018 sampai dengan 21 mei 2018. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing,
Reflecting, Extending (CORE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat
dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu
20,25: 25,75; 30,75 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, cukup
aktif, aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil
belajar siklus I, II dan III secara berturut-turut 75,94; 82,17;84,46 dengan
ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu
54,29%, 77,14%, 82,86%.
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Connecting,
Organizing, Reflecting, Extending (CORE).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:40
Last Modified: 25 Jul 2023 06:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item
View Item