DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL REMAJA (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

GUSTIA, MELDA and Aries, Munandar and Rosi, L Vini Siregar (2023) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL REMAJA (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Dokumen dari Melda Gustia - Melda Gustia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Teknologi yang berkembang semakin maju tidak lepas dari adanya penggunaan
smarthphone yang disebut juga dengan gadget, dengan hadirnya gadget dapat
memudahkan kehidupan dan memberikan pengaruh yang besar seperti
memudahkan dalam hal komunikasi, mempengaruhi perilaku. Dengan demikian,
gadget dapat berdampak positif ataupun negatif dalam berbagai aspek kehidupan
terkhusus interaksi sosialnya mulai dari aspek kontak sosial, aktivitas bersama dan
frekuensi hubungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dampak penggunaan gadget dalam interaksi sosial remaja di Kelurahan Tanjung
Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan
23 informan yang terdiri dari 15 remaja, 5 orang tua, dan 3 masyarakat di
Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna
Kabupaten Bengkulu dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data
dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berdampak terhadap interaksi
sosial remaja peralihan dari kontak fisik dan non fisik, yang mana dampak
positifnya yaitu menghemat jarak dan waktu, mempermudah komunikasi dan
mendapatkan informasi, mempermudah mendapat teman baru di media sosial,
menunjang dan meningkatkan kualitas pendidikan, mempermudah melakukan
promosi jualan secara online, dan membantu mengembangkan hobi. Sedangkan
dampak negatifnya berupa kurangnya interaksi sosial di kehidupan nyata, remaja
lebih suka menyendiri dan tidak peka dengan lingkungan sekitarnya setelah
memiliki gadget, timbulnya tindakan konsumtif dan pemborosan pada remaja,
buruk untuk kesehatan, menjadi ketergantungan dengan gadget, menjadi korban penipuan di aplikasi belanja online, dan kecanduan game dan judi online.
Dampak-dampak tersebut yang bisa dilihat dan diukur dari aspek-aspek interaksi
sosial yaitu kontak sosial yang tidak berdampak pada interaksi sosial, aktivitas
bersama dan frekuensi hubungan sosial yang berdampak pada interaksi sosial
remaja.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:30
Last Modified: 25 Jul 2023 08:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item
View Item