PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMPN 02 KOTA BENGKULU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018

Sulastri, Susi and Herawaty, Dewi and Della, Maulidiya (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMPN 02 KOTA BENGKULU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_SUSI SULASTRI_A1C013022.pdf] Text
SKRIPSI_SUSI SULASTRI_A1C013022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)
dengan model pembejaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD). Menurut Herawaty (2014: 18) model pembelajaran adalah suatu
kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,
yang berfungsi sebagai pedoman para perancang pembelajaran dan para pengajar
dalam merancang dan melaksanaakan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh peserta didik
kelas VII SMPN 02 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017.
Sampel diambil menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas
VII G sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 32 peserta
didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan
kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 33 peserta
didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD). Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji-U
(Mann Whitney Test) diperoleh nilai yaitu dengan taraf nyata (α) =
5% dan

, sehingga
. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD) di kelas VII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, TTW, STAD

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:26
Last Modified: 26 Jul 2023 06:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item
View Item