Fitry, Tiara and Maizora, Syafdi and Rusdi, Rusdi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MODEL ROLE PLAYING DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![TIARA FITRY_A1C014074_SKRIPSI.pdf [thumbnail of TIARA FITRY_A1C014074_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TIARA FITRY_A1C014074_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan unutk membandingkan hasil belajar matematika siswa
yang menggunakan pembelajaran ekspositori dengan model pembelajaran role
playing di kelas VII SMPN 21 Kota Bengkulu pada pokok bahasan aritmetika
sosial. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu) dengan
desain penelitian yaitu The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design.
Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir (posttest)
yang berbentuk tes essay. Hasil tes akhir menunjukkan kelas role playing dengan
jumlah siswa 27 orang memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 73,07 dan
varians 218,687. Sedangkan kelas ekspositori dengan jumlah siswa 27 orang
memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 66,63 dan varians 329,165. Uji
prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen,
diperoleh bahwa = 1,120 dan = 2,006,, maka ≤ yang
berarti diterima. Hal ini didukung oleh perhitungan melalui SPSS versi 23
yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,159 dengan taraf signifikan ( )
= 0,05, sehingga Sig. (2-tailed) > ( ). Maka, hasil belajar matematika siswa
menggunakan model pembelajaran role playing sama dengan hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII
SMPN 21 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran Role Playing,
Pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13951 |