PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

VALENCIA, ULVA DWI and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Ulva Dwi Valencia_A1C014069_Skripsi.pdf] Text
Ulva Dwi Valencia_A1C014069_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berbasis Guided Discovery
Learning pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1
Bengkulu Tengah yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu
tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan
(develop). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar kepraktisan
LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini
menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis guided discovery learning pada pokok
bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk
dalam kategori valid dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata
4,03; (2) LKPD berbasis guided discovery learning pada pokok bahasan bangun
ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori
sangat praktis dengan skor rata-rata 4,27; (3) LKPD berbasis guided discovery
learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1
Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,55
dengan pencapaian efektifitas: (a) Aktivitas peserta didik dalam kegiatan balajar
sangat efektif dengan skor rata-rata 4,31; (b) Respon peserta didik terhadap
pembelajaran sangat efektif dengan skor rata-rata 4,4; (c) Hasil belajar peserta didik
kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah sangat efektif dengan skor rata-rata
4,84 dan rata-rata jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75
yaitu 90,32%.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided
Discovery Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:48
Last Modified: 26 Jul 2023 06:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item
View Item