PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

ASIZA, YAHYA NUR and Maizora, Syafdi and Hanifah, Hanifah (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Yahya Nur Asiza_A1C014072_SKRIPSI.pdf] Text
Yahya Nur Asiza_A1C014072_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan Pendekatan
Kontekstual pada Pokok Bahasan Peluang Kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu
Tengah yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan
mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan adalah
lembar validasi LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektivitas LKPD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) LKPD dengan Pendekatan Kontekstual
pada Pokok Bahasan Peluang Kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah
termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa
dengan skor rata-rata 4,39, (b) LKPD dengan Pendekatan Kontekstual pada Pokok
Bahasan Peluang Kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam
kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,28, (c) LKPD dengan Pendekatan
Kontekstual pada Pokok Bahasan Peluang Kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu
Tengah termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,49 dengan
pencapaian efektivitas : (1) Aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,14; (2)
Respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,45; (3) Hasil belajar peserta didik
yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 adalah 84,36%.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),
Pendekatan Kontekstual
xviii+ 137 hal; 60 gbr; 31 tbl; 39 lampiran; pustaka acuan : 21 (1975-2017)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:00
Last Modified: 26 Jul 2023 07:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item
View Item