Nurul, Zulhulaifah and Nurhamidah, Nurhamidah and Elvinawati, Elvinawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NURUL ZULHULAIFAH (A1F014016) pdf.pdf [thumbnail of SKRIPSI NURUL ZULHULAIFAH (A1F014016) pdf.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL ZULHULAIFAH (A1F014016) pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa
serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 SMA N 1 Kota
Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course
Review Horay (CRH) pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia dan
persamaan reaksi kimia. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen
non tes berupa angket dan lembar observasi dan instrumen tes berupa
soal postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
CRH dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan aktivitas
guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi belajar
siswa meningkat setiap siklusnya dari pra siklus sampai dengan siklus III
secara berturut-turut 35,69% (rendah), 38,95% (rendah), 59,71% (sedang)
dan 78,96% (tinggi). Aktivitas guru dan siswa juga meningkat setiap
siklusnya secara berturut-turut: skor aktivitas guru: 36, 38 dan 38,5
dengan kategori baik dan skor aktivitas siswa: 29 (cukup), 37,5 dan 38
dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata�rata 54,3 ; daya serap klasikal 54,3% dan ketuntasan belajar klasikal 16%.
Pada siklus II, nilai rata-rata 72,5 ; daya serap klasikal 72,5% dan
ketuntasan belajar klasikal 57,69%. Pada siklus III, nilai rata-rata 78,76 ;
daya serap klasikal 78,76% dan ketuntasan belajar klasikal 84,61%.
Kata kunci : Course Review Horay (CRH), Motivasi Belajar, Aktivitas
Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13994 |