Damayanti, Ufi and Bahar, Amrul and Salastri, Rohiat (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI UFI DAMAYANTI (A1F014005).pdf [thumbnail of SKRIPSI UFI DAMAYANTI (A1F014005).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI UFI DAMAYANTI (A1F014005).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari tanggal 01 Februari 2018 –
08 Maret 2018 yang bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan
bertanya siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa, disamping untuk
melihat keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 09 Kota Bengkulu
yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe time token dapat memperbaiki kemampuan
bertanya siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan memperbaiki
keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran pada materi pokok
reaksi redoks yang hasilnya sudah dikatan tuntas pada siklus ke-3. Pada
siklus I kemampuan bertanya siswa 75% tingkat C1, 15% tingkat C2, 10%
tingkat C3 dan ketercapaian belajar siswa 28,57%. Siklus II kemampua
bertanya siswa 65,22% tingkat C1, 21,74% tingkat C2, 13,04% tingkat C3
dengan ketercapaian belajar siswa 64,29%. Siklus III kemampuan
bertanya siswa 4,35% tingkat C1, 78,26% tingkat C2, dan 17,39% tingkat
C3 dengan ketercapaian belajar siswa mencapai 89,29% (yang telah
mencapai indikator keberhasilan penelitian dan KKM) . Untuk keaktifan
guru dari siklus I, II, dan III masing-masing 25, 27, dan 30, sedangkan
keaktifan siswa masing-masing 21, 24, dan 28.
Kata kunci : Model pembelajaran time token, Kemampuan bertanya
siswa, Hasil belajar siswa, Keaktifan guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14002 |