PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Indika, Anggreni and Swistoro, Eko and Eko, Risdianto (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Anggreni  Indika Seprapti.pdf] Text
SKRIPSI Anggreni Indika Seprapti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan perbedaan kemampuan pemahaman konsep
antara siswa yang diajar dengan model problem solving fisika dan model problem
based learning serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran model
problem solving fisika dan model problem based learning Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan design one group pretest-posttest group
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota
Bengkulu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 4 yang berjumlah 35 siswa sebagai
kelas eksperimen X1 dan X MIA 5 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas
eksperimen X2. Data hasil kemampuan pemahaman konsep diperoleh melalui
pretest dan posttest menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan respon siswa
diperoleh melalui angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahamn
konsep fisika yang signifikan antara siswa yang diajarkan deengan model problem
solving fisika dengan model problem based learning yaitu thitung=1,772 > ttabel
=1,995. (2) siswa merespon baik terhadap pembelajaran yang dilakukan yaitu
respon menggunakan model problem solving fisika sebesar 74% berkategori
positif dan respon menggunakan model problem based learning sebesar 70%
berkategori positif.
Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep, problem solving fisika, problem
based learning, respon siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:25
Last Modified: 27 Jul 2023 07:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item
View Item