PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR

Kartikasari, Desta and Medriati, Rosane and Andik, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi pdf.pdf] Text
Skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam tiga siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan
berpikir kritis siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1
MAN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilakukan dalam
4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kemampuan berpikir kritis
dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari
siklus I sampai siklus III. (1) Aktivitas belajar siswa meningkat dari skor rata-rata
24 (kategori baik) pada siklus I menjadi sebesar 26 (kategori baik) pada siklus II
kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 28,5 (kategori baik); (2)
Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I dengan persentase nilai
rata-rata sebesar 72,04% (kategori cukup) menjadi 77,96% (kategori baik) pada
siklus II, kemudian meningkat lagi menjadi 82,26% (kategori baik) pada siklus
III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA I MAN 2 Kota Bengkulu
pada konsep kalor dan perpindahan kalor.
Kata Kunci : Discovery Learning Model, Pendekatan Saintifik, Kemampuan
Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:07
Last Modified: 27 Jul 2023 08:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor