PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA SINT CAROLUS KOTA BENGKULU

Mukti, Fitri and Fransiska, Connie and Rosane, Medriati (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA SINT CAROLUS KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan di kelas X/B SMA Sint Carolus Kota
Bengkulu, yang bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD Pembelajaran
Fisika dengan model problem based learning yang dikombinasikan dengan
mind mapping dan menentukan efektivitas LKPD Pembelajaran Fisika
tersebut terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X/B yang berjumlah 28
orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas LKPD pembelajaran
fisika dengan kombinasi mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif
dikatakan layak dengan terpenuhinya aspek kelancaran, keluwesan, orisinalitas
dan elaborasi dan kategori mind mapping ynga dihasilkan baik. Efektivitas LKPD
pembelajaran fisika terhadap hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik
meningkat dari pretest dengan nilai rata-rata kelas 20 dan meningkat pada postest
dengan nilai rata-rata kelas 76,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD
Pembelajaran Fisika dengan model problem based learning yang dikombinasikan
dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil
belajar aspek pengetahuan peserta didik kelas X/B SMA Sint Carolus Kota
Bengkulu pada materi Mata dan Kacamata.
Kata kunci: Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:41
Last Modified: 28 Jul 2023 06:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item
View Item