Sagita, Intan and Medriati, Rosane and Andik, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS XI MIA 4 MAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI INTAN SAGITA.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 MAN 2
Kota Bengkulu sebanyak 35 orang. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, dan refleksi. Instrumen
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan
siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesa 24
(kategori baik), siklus II sebesar 26,5 (kategori baik), dan siklus III sebesar 28
(kategori baik). Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 71,69
dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar secara klasikal 60 (belum tuntas
secara klasikal), pada siklus II kemampuan pemecahan masalah sebesar 78,71
dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar klasikal 77,14 (belum tuntas secara
klasikal), dan pada siklus III kemampuan pemecahan masalah sebesar 86,94
dengan kategori tinggi dan ketuntasan belajar secara klasikal 88,57 (tuntas secara
klasikal). Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
creative problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan
pemecahan masalah siswa.
Kata kunci: Model Creative Problem Solving, Aktivitas Belajar, Kemampuan
Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14039 |