Wardani, Oktavia Kemala and Sakti, Indra and Indra, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Oktavia Kemala Wardani.pdf [thumbnail of SKRIPSI Oktavia Kemala Wardani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Oktavia Kemala Wardani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas,
keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X IPA1 SMAN 01 Mukomuko yang berjumlah 32 orang.
Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan (planning),
tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection).
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar,
lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi keterampilan
proses sains. Analisis data belajar fisika dalam penelitian ini dengan
mencari nilai rata-rata, standar deviasi (SD), daya serap (DS), dan
ketuntasan belajar secara klasikal (KB). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 23 (kategori
cukup), meningkat pada siklus II menjadi 27 (kategori baik) dan meningkat
lagi pada siklus III menjadi 29 (kategori baik). Hasil belajar pada aspek
pengetahuan untuk siklus I diperoleh ketuntasan belajar pengetahuan 66,6%,
meningkat pada siklus II menjadi 81,3%, dan meningkat lagi pada siklus III
yaitu 90,6%. Keterampilan proses sains yang diperoleh untuk siklus I
sebesar 23 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 25 (kategori
baik), dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 30 (kategori baik). Dari
hasil penelitian disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan
proses sains dan hasil belajar pada konsep usaha dan energi di kelas X IPA1
SMAN 01 Mukomuko.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Inkuiri Terbimbing,,
Keterampilan p
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14064 |