Sapitri, Shally and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERBASIS HOTS (Higher Order Thingking Skill) PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI SHALLY SAPITRI (A1E014045).pdf [thumbnail of SKRIPSI SHALLY SAPITRI (A1E014045).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SHALLY SAPITRI (A1E014045).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan tipe
rancangan level 1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen
penilaian hasil belajar fisika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang
valid dan reliabel pada materi termodinamika di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: 1) tahap potensi dan masalah,
2) studi literatur dan pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain,
dan 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan dengan uji validitas isi oleh
judgement ahli untuk menilai desain produk yang dikembangkan ditinjau dari
aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Aspek materi terdiri atas delapan indikator,
sedangkan aspek konstruksi dan bahasa masing-masing terdiri atas lima indikator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain instrumen penilaian hasil belajar
fisika pada materi termodinamika berbasis HOTS merupakan desain teruji yang
telah memenuhi indikator soal HOTS pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa.
Berdasarkan hasil uji validitas isi dapat disimpulkan bahwa aspek materi telah
terpenuhi dengan presentase 87,92%, aspek konstrusi dengan presentase 98%,
dan aspek bahasa dengan presentase 96,50%. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa
aspek materi mimiliki reliabel yang sedang dengan koefisien 0,51, aspek
konstruksi dalam kategori tinggi dengan koefisien 0,82, dan aspek bahasa dalam
kategori tinggi dengan koefisien 0,73. Dengan demikian, berdasarkan penilaian
judgement ahli maka instrumen penilaian termasuk valid dan reliabel dengan
kriteria baik serta telah memenuhi standar instrumen penilaian soal HOTS
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Kata Kunci: Instrumen penilaian, Hasil Belajar, HOTS (Higher Order Thinking
Skill), dan Termodinamika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 09:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 09:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14078 |