Veronica, Tiara and Swistoro, Eko and Dedy, Hamdani (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWAKELAS XI IPA SMAN 1 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![TIARA VERONICA (A1E014013).pdf [thumbnail of TIARA VERONICA (A1E014013).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TIARA VERONICA (A1E014013).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji
pengaruh pembelajaran yang menggunakan model Problem Solving Fisika (PSF)
terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan kemampuan pemecahan masalah
fisika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua jenis disain penelitian yang
berbeda, yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control
Group Design untuk melihat pengaruh model PSF terhadap hasil belajar kognitif
dan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Group
Design untuk melihat pengaruh model PSF terhadap kemampuan pemecahan
masalah fisika. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan
kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas
kontrol. Analisis pengaruh model PSF terhadap hasil belajar kognitif dilakukan
dengan uji-t dan uji lanjut dengan Cohen’s d menggunakan Microsoft Excel 2010.
Hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan
model PSF terhadap hasil belajar kognitif siswa yaitu sebesar 0,72 yang berada
dalam kategori sedang. Analisis pengaruh model PSF terhadap kemampuan
pemecahan masalah fisika dilakukan dengan perhitungan gain yaitu pengurangan
rata-rata posttest dengan pretest dan uji lanjut. Berdasarkan hasil perhitungan
diperoleh bahwa model PSF memberikan pengaruh terhadap kemampuan
pemecahan masalah fisika siswa sebesar 3,02 yang berada dalam kategori kuat.
Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan
Pemecahan Masalah Fisika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 03:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14086 |