UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Konsep Usaha dan Energi di SMAN 4 Kota Bengkulu)

Marsila, Wanti and Connie, Connie and Eko, Swistoro (2018) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Konsep Usaha dan Energi di SMAN 4 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi fix Wanti Marsila.pdf] Text
skripsi fix Wanti Marsila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar,
aktivitas belajar, dan hasil belajar kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X MIPA 2 SMAN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 34
peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar peserta
didik sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu sebesar 45,91 dan motivasi
belajar peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu sebesar 59,
40. Jumlah rata-rata aktivitas belajar peserta didik siklus I sebesar 30,5 dalam
kategori cukup baik, siklus II sebesar 35 dalam kategori baik dan siklus III sebesar
39,5 dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I
daya serap siswa sebesar 68,58% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,88%
(belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap sebesar 76,85% dan
ketuntasan belajar sebesar 82,35% (tuntas), kemudian meningkat pada siklus III
diperoleh daya serap sebesar 83,5% dan ketuntasan belajar sebesar 100% (tuntas)
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Discovery Learning berbantuan lembar kerja peserta didik dapat
meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar fisika peserta
didik.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, motivasi belajar peserta didik, hasil
belajar peserta didik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:05
Last Modified: 01 Aug 2023 03:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item
View Item