Trisna, Dwi Martha and Ruyani, Aceng and Yennita, Yennita (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN INDOOR-OUTDOOR-INDOOR (IOI) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA�KURA BAGI PESERTA DIDIK SMP (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi dwi.pdf [thumbnail of skripsi dwi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (RnD). Masalah
dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana mengembangkan LKPD konservasi kura�kura sehingga layak digunakan pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan, 2) apakah implementasi LKPD hasil pengembangan melalui
kegiatan Indoor-Outdoor-Indoor (IOI) dapat meningkatkan kognitif peserta didik,
3) apakah implementasi LKPD hasil pengembangan melalui kegiatan IOI dapat
meningkatkan kecenderungan berprilaku konservasi bagi peserta didik. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Layak atau
tidaknya LKPD hasil pengembangan diketahui dari hasil validasi dosen dan guru
IPA SMP serta dengan uji keterbacaan LKPD pada peserta didik. Penilaian
kognitif peserta didik menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest yang
diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor menggunakan LKPD
konservasi kura-kura sumatera. sedangkan untuk menilai prilaku konservasi
peserta didik menggunakan angket prilaku konservasi.Uji kelayakan bahan ajar
LKPD berupa aspek materi dan aspek kebahasaan, dengan persentase 80-86,67%
memiliki kriteria “sangat valid” sehingga layak diuji cobakan di lapangan.
Ketuntasan belajar klasikal (kognitif) dengan persentase 50%, tidak tuntas secara
klasikal. Kecenderungan berprilaku konservasi awal peserta didik dengan
persentase 86,92% dan prilaku konservasi akhir peserta didik dengan persentase
92.38%, mengalami peningkatan sebesar 5,46 %.
Kata kunci: Kura-kura sumatera, Research and Development (RnD), Lembar
Kerja Peserta didik (LKPD)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14129 |