Yanti, Fitri and Idrus, Irdam and Sri, Irawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII2 SMPN 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FITRI YANTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI FITRI YANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FITRI YANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses IPA dan
siswa menggunakan model discovery learning dan meningkatkan keterampilan
proses dasar siswa kelas VII2 SMPN 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus
penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, refleksi. Pembelajaran IPA biologi yang menggunakan model
discovery learning pada penelitian ini yaitu kegiatan guru pada tahapan pemberian
rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengelolaan data,
pembuktian, dan menarik kesimpulan yang diukur menggunakan lembar
observasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
pembelajaran dikategorikan baik dari siklus I dengan rerata skor 20,5 (baik) dan
di siklus II dengan rerata skor 23,5 (baik). Kegiatan guru yang belum optimal
pada siklus I telah dilakukan perbaikan pada siklus II akan tetapi masih ada
kegiatan yang belum optimal di siklus II yaitu membimbing siswa untuk
mendiskusikan hasil pengamatan (pengelolaan data). Keterampilan proses dasar
siswa yang di teliti berdasarkan keterampilan kelompok siswa dalam melakukan
penyelidikan, tahap yang dilakukan adalah pengamatan, mengklasifikasikan,
menginferensi dan mengkomunikasikan. Keterampilan proses dasar siswa pada
pembelajaran yang teleh dilakukan siklus I dikategorikan baik dengan rerata skor
15,5 (baik) dan meningkat pada siklus II dengan rerata skor 17,5 (baik).
Kesimpulannya bahwa dengan menggunakan model discovery learning maka
dapat meningkatkan keterampilan proses dasar siswa.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Keterampilan Proses Dasar Siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 02:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14136 |