Juliani, Hesti and Iwan, Setiawan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf [thumbnail of NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran
problem based learning berbantuan media crocodile physics terhadap penguasaan
konsep fisika materi usaha dan energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment. Sampel penelitian diambil
menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan
homogenitasnya sehingga ditetapkan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas uji coba
(eksperimen) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan populasi dan
sampel serta tes untuk tingkat penguasaan konsep fisika. Analisis data diuji menggunakan
analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan
homogenitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
positif yang besar dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan media Crocodile Physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan
energi Di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dimana nilai t
hitung lebih besar dari t tabel (7,77 > 1,99 untuk ) dan (7,77 > 1,66 untuk )
serta uji effec size sebesar 1,94 yang masuk dalam kriteria besar. Jadi dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile
Physics memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan penguasaan konsep
fisika siswa.
Kata kunci : Besar pengaruh, penguasaan konsep, problem based learning, crocodile
physics
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:46 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14187 |