PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI GELOMBANG DI SMA (Research and Development)

Parwati, Ida Ayu and Nirwana (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI GELOMBANG DI SMA (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of NASKAH SKRIPSI IDA AYU PARWATI.pdf] Text
NASKAH SKRIPSI IDA AYU PARWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

del 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapan-tahapan yaitu define,
design dan development. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang
layak digunakan yaitu perangkat pembelajaran dengan model SSCS (Search,
Solve, Create, Share) berbasis multiple intelligences pada materi gelombang di
SMA. Data hasil penelitian diperoleh dari penilaian validator terhadap perangkat
pembelajaran (RPP, LKPD, dan Instrumen tes atau soal), validasi produk
dilakukan oleh 3 ahli yang ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek isi, aspek bahasa,
aspek penyajian dan aspek kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validasi didapatkan
hasil akhir uji validasi RPP dengan persentase sebesar 85,4% dengan kategori
sangat layak, lalu untuk LKPD dengan hasil akhir uji validasi dengan persentase
sebesar 79,2% dengan kategori layak dan untuk hasil akhir instrumen tes (soal)
didapatkan hasil akhir validasi dengan persentase sebesar 84,9% dengan kategori
sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran dengan model SSCS berbasis multiple intelligences menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran telah layak digunakan.
Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, SSCS, Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:47
Last Modified: 23 Aug 2023 07:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item
View Item