PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BENGKULU

Rianda, Jun and Wasidi, Wasidi and vira, Afriyati (2018) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI JUN RIANDA (A1L014006) .pdf] Text
SKRIPSI JUN RIANDA (A1L014006) .pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan
konten terhadap efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 22 Bengkulu. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII yang memiliki efektivitas belajar rendah. Subjek penelitian
ini sebanyak 26 siswa dari kelas VIII B di SMPN 22 Bengkulu dan Sampel 10 yang
memiliki efektivitas belajar ketegori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan
penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.. Hal ini dapat
dlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.850 (p<0,05) maka H0
ditolak. Hal ini dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan
penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.
Kata kunci: penguasaan konten, efektivitas belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:18
Last Modified: 04 Aug 2023 08:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14217

Actions (login required)

View Item
View Item