PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII C SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Lesmiarti, Sesi and Dharmayana, I Wayan and vira, Afriyati (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII C SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi SESI LESMIARTI.pdf] Text
Skripsi SESI LESMIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik sebelum
dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement
positive, serta melihat apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik reinforcement positive terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas VIII C
SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jenis penelitian eksperimen desain pre-test dan post�test dengan subjek 10 orang peserta didik dengan pengumpulan data penelitian
menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan Uji-Z, hasil penelitian (pre-test)
termasuk kategori rendah setelah dilakukan treatment (post-test) menjadi kategori
tinggi. Dengan menggunakan Uji-Z maka diperoleh hasil nilai Z = -2.889 dengan total
signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik reinforcement positive terhadap motivasi belajar peserta
didik di kelas VIII C SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:12
Last Modified: 04 Aug 2023 09:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item
View Item