MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA LUBUKLINGGAU

Luciana, Tara and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Syahriman, Syahriman (2018) MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA LUBUKLINGGAU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI TARA LUCIANA.pdf] Text
SKRIPSI TARA LUCIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterbukaan diri
siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 4
Kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design.
Subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang siswa yang memiliki keterbukaan diri
yang rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
(kuesioner). Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian
ini menunjukkan keterbukaan diri siswa meningkat setelah diberikan layanan
bimbingan kelompok. Hal ini terlihat dari mean pre-test = 60 dan mean post-test=
90 dengan nilai uji beda t yaitu thitung = 41,168> ttabel = 2,160 dan p = 0,000
(p<0,05). Artinya ada peningkatan keterbukaan diri siswa secara signifikan
setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci: keterbukaan diri, layanan bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:12
Last Modified: 08 Aug 2023 02:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item
View Item