Eriza, C and Kasmaini, Kasmaini and Dedi, Sofyan (2018) STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH (AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU ACADEMIC YEAR 2018/2019). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Chindy Eriza.pdf [thumbnail of Skripsi Chindy Eriza.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Chindy Eriza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Eriza, C. (2018). Students’ Learning Strategies in Learning English. Undergraduate
Thesis. English Education Study Program of Language and Art Department.
Universitas Bengkulu. Supervisor: Kasmaini, S. S., M.Pd., Co. Supervisor:
Dr. Dedi Sofyan, M.Hum.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang
digunakan siswa alasan mereka menggunakannya dalam mempelajari bahasa
Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 338 siswa Kelas 11 di SMA Negeri 2 Kota
Bengkulu tahun akademik 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 68
mahasiswa yang merupakan 20% dari total populasi. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket dan wawancara. Angket tersebut terdri dari 30 pernyataan
tentang strategi belajar berbicara bahasa Inggris yang berdasarkan teori dari
O’Malley dan Chamot (1990) yang terdiri dari tiga kategori dari strategi belajar
bahasa Inggris. Ketiga kategori tersebut yaitu, strategi metakognitif, kognitif, dan
sosial afektif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan adaptasi
dari angket Liao and Chiang (2004). Wawancara pada penelitian ini berdasarkan
pada Peterson (1997). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas 11
lebih dominan menggunakan strategi sosial afektif dalam belajar bahasa Inggris.
Sosial afektif strategi membuat siswa merasa lebih percaya diri ketika belajar
bahasa Inggris dan membantu mereka untuk lebih mudah memahami materi,
memotivasi mereka untuk menjadi pembelajar yang lebih baik, dan membuat
mereka lebih leluasa dalam bertanya.
Kata kunci: Strategi, Strategi Belajar, Strategi Belajar Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:15 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14260 |