Zahara, Martia and Syahrial, Syahrial and Alamsyah, Harahap (2018) LEARNING STRATEGY APPLIED BY THE 5TH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITAS BENGKULU IN THE CLASS OF SPEAKING FOR DISCUSSION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI pdf. MARTIA ZAHARA (A1B014048) - Copy.pdf [thumbnail of SKRIPSI pdf. MARTIA ZAHARA (A1B014048) - Copy.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI pdf. MARTIA ZAHARA (A1B014048) - Copy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (467kB)
Abstract
ABSTRAK
Zahara, Martia. (2018). Learning Strategy Applied by the 5th Semester
Students of English Education Study Program at Universitas Bengkulu
in the Class of Speaking for Discussion. Skripsi S1. Supervisor Dr.
Syahrial, M.A., M.Phil. And Co. Supervisor Dr. Alamsyah Harahap, M.Lib.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar bahasa yang
paling sering digunakan oleh mahasiswa pada mata pelajaran speaking for
Discussion, penelitian ini juga menganalisa alasan penggunaan strategi tersebut
pada mata pelajaran speaking for Discussion. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Populasi pada
penelitian ini adalah mahasiswa semester lima Pendidikan Bahasa Inggris,
Universitas Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrument penelitian. Kuesioner
terdiri dari 45 item berdasarkan Oxford’s Strategy Inventory for Language
Learning (SILL) versi 7.0 tentang strategi belajar bahasa yang dikategorikan
dalam enam tipe strategi yaitu: memori, kognitif, kompensasi, metakognitif,
afektif, dan sosial strategi. Hasil dari analisis data, sosial strategi merupakan
strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa dalam pelajaran Speaking
for Discussion dengan skor rata-rata (3.5) diikuti dengan memori strategi (3.2),
kompensasi strategi (3.1), afektif strategi (3.0), kognitif strategi (3.0), dan
metakognitif strategi (3.0). Ada empat alasan kenapa siswa menggunakan social
strategi, tapi dapat disimpulkan bahwa siswa menggunakan social strategi untuk
mendapat koreksi dari orang lain. Siswa percaya dengan meminta koreksi dari
orang lain bisa mengurangi kesalapaham saat berdiskusi. Koreksi dari orang lain
juga dapat meningkatkan kemampuan diri.Kesimpulan yang dapat ditarik dari
penelitian ini adalah sosial strategi merupakan strategi yang paling sering
digunakan mahasiswa pada mata pelajaran speaking for Discussion dengan alasan
utama untuk mendapatkan koreksi dari orang lain. Penelit selanjutnya disarankan
untuk meneliti pada matakuliah yang berbeda atau pada kecakapan bahasa
berbeda seperti mendengarkan, membaca, dan menulis.
Kata kunci: Strategi pembelajaran bahasa, kecakapan berbicara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14292 |