IMPLEMENTING RECIPROCAL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION (A QUASI EXPERIMENT STUDY AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 6 BENGKULU TENGAH)

Purnamasari, Novita and Suwarno, Bambang and Syahrial, Syahrial (2016) IMPLEMENTING RECIPROCAL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION (A QUASI EXPERIMENT STUDY AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 6 BENGKULU TENGAH). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis Novita Purnamasari, A2B014020.pdf] Text
Tesis Novita Purnamasari, A2B014020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah penerapan strategi
mengajar resiprokal mempengaruhi secara signifikan pemahaman
membaca siswa kelas pertama SMA Negeri 6 Bengkulu Tengah atau tidak
dan untuk mengetahui di level pemahaman mana kelas eksperimen dan
kelas kontrol berbeda. Penelitian ini menggunakan desain kuasi�eksperimental. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas
pertama dari SMA Negeri 6 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2015/2016 dan
terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini adalah dua dari empat
kelas yang tersedia (X3 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas
kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
pemahaman membaca. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang
diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test. Data dianalisis
dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian ini, yang pertama
menunjukkan bahwa strategi strategi mengajar resiprokal ini
mempengaruhi peningkatan pemahaman membaca siswa secara
signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara thitung dan ttabel
pada pre-test dan post-test. Pada pre-test, thitung 1.482 dan ttabel 2.006
(thitung < ttabel, tidak ada beda signifikan). Sedangkan pada post-test, thitung
4.56 dan ttabel 2.006 (Thitung > ttabel, ada beda signifikan). Nilai rata-rata
pada pre-test 5.52 dan nilai rata-rata pada post-test 8.00. Kedua, kelas
eksperimen dan kelas kontrol berbeda dalam pemahaman literal.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi mengajar
resiprokal ini mempengaruhi peningkatan pemahaman membaca siswa
secara signifikan dan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda
dalam pemahaman literal .
Kata kunci: reciprocal teaching strategy, reading comprehension,
quasi-experimental research.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item
View Item