Pistarman, Pistarman and Syahrial, Syahrial and Arono, Arono (2018) JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING PROCEDURE TEXT (The Study at SMP Negeri Muara Kemumu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![pitarman ok.pdf [thumbnail of pitarman ok.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pitarman ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (23MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mencari tahu kesulitan siswa dalam
memahami teks prosedur dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan
pada siswa di SMP Negeri 1 Kemumu. data diperoleh melalui instrumen
penelitian yang terdiri atas tes, angket dan wawancara. Subjek penelitian terdiri
atas 72 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muara Kemumu. hasil penelitian
menunjukan kesulitan yang seringkali dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 1
Muara Kemumu dalam memahami teks prosedur meliputi kemampuan
menentukan tujuan teks, kemampuan memahami informasi yang terkandung di
bagian langkah-langkah, dan kemampuan mencari padanan kata (sinonim) dan arti
kata secara konteks pemakaian. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan dalam memahami teks prosedur adalah dikarenakan sebagian besar
siswa tidak memahami arti isi teks. Siswa juga tidak mengerti arti pertanyaan.
Langkah-langkah yang ada di dalam teks dirasa sulit bagia siswa sehigga siswa
tidak tahu dimana mencari jawaban di dalam teks. Selain itu, siswa juga tidak
memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris yang baik di jenjang pendidikian
sebelumnya. Sikap belajar siswa juga belum menunjukan kesungguhan yang
serius sehingga masih ditemukan siswa yang melakukan kecurangan dan
menjawab pertanyaan secara asal-asalan. Lebih jauh ditemukan juga faktor
lainnya seperti keterbatasan perbendaharaan kata, waktu pembelajaran di kelas
yang relatif kurang, kesulitan dalam memahami kata kerja dan sikap siswa dalam
proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Students’ Difficulties, Comprehending Procedure Text, Causing
Factors
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:20 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14313 |