Veronika, Serly and Mulyadi, Mulyadi and Elfrida, Elfrida (2018) STUDENTS’ DIFFICULTIES IN STUDYING LISTENING: THE STUDY OF 4TH SEMESTER ENGLISH DEPARTMENT OF UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi PDF serly veronika(A1B014066).pdf [thumbnail of skripsi PDF serly veronika(A1B014066).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi PDF serly veronika(A1B014066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (22MB)
Abstract
ABSTRAK
Veronika, Serly. 2018. Students’ Difficulties in Studying Listening: The
Study of 4th Semester English Department of Universitas Bengkulu.
Supervisor Drs. Mulyadi, M.A. and Co. Supervisor Dra. Elfrida, M.pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam listening dan kesulitan
yang paling dominan yang dihadapi oleh mahasiswa semester empat Program
Studi Pendidikan Bahasa inggris di Universitas Bengkulu. Populasi dari penelitian
ini adalah mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
tahun akademik 2017/2018. Sampel dari penelitian ini sebanyak 78 mahasiswa.
Metode dari penelitian ini adalah metode kuantitatif dan data dikumpulkan dengan
menggunakan tes listening, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen. Tes
listening terdiri dari 30 soal, sementara kuesioner terdiri dari 30 item yang mana
di adaptasi dari penelitian Hamouda (2013) tentang factor kesulitan pada
listening. Wawancara terdiri dari 2 pertanyaan. Faktor-faktor penting yang
mempengaruhi listening terkait dengan teks adalah bahasa gaul, ungkapan idiom,
kata yang tidak dikenal, dan teks panjang. Para siswa juga menghadapi berbagai
masalah listening yang mungkin terkait dengan isi teks pendengaran seperti:
struktur tata bahasa yang rumit, atau karakteristik psikologis seperti kurangnya
minat. Masalah-masalah ini juga bisa berhubungan dengan pendengar atau
pembicara seperti ketika dia menghadapi kesulitan untuk mengenali kata-kata
yang dia tahu karena cara mereka diucapkan, atau kesulitan untuk memahami
pidato yang penuh dengan keraguan dan jeda. Kategori kesulitan listening paling
dominan yang dihadapi siswa adalah materi listening dengan persentase 80,51%.
Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Belajar listening
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14332 |