MULTILINGUAL LEARNERS’ ATTITUDE TOWARD CODE�SWITCHING IN ENGLISH CLASSROOM (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF BENGKULU UNIVERSITY IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018)

Ibralinanto, Yohan and Kasmaini, Kasmaini and Imranuddin, Imranuddin (2018) MULTILINGUAL LEARNERS’ ATTITUDE TOWARD CODE�SWITCHING IN ENGLISH CLASSROOM (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF BENGKULU UNIVERSITY IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
YOHAN IBRALINANTO (A1B014057) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Ibralinanto, Yohan. 2018. Multilingual Learners’ Attitude Toward Code-Switching in English Classroom (A Case Study of English Education Study Program Students of Bengkulu University in The Academic Year 2017/2018). Supervisor Kasmaini, S.S., M.Pd. and Co. Supervisor Drs. Imranuddin, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sikap mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun angkatan 2017/2018 terhadap penggunaan alih bahasa pada pelajaran Bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, data penelitian ini diperoleh melalui kuisioner dan wawancara yang digunakan sebagai instrumen. Kuisioner yang digunakan berisi 23 pernyataan yang mewakili sikap mahasiswa terhap penggunaan alih bahasa yang dibagi menjadi tiga grup pernyataan diantaranya: sikap mahasiswa terhadap alih bahasa yang digunakan gurunya, sikap mahasiswa terhadap alih bahasa yang digunakan mahasiswa lainnya dan alasan menggunakan alih bahasa dan wawancara dilakukan untuk menemukan informasi tambahan dan mengkonfirmasi respon mahasiswa di kuisioner. Data yang diperoleh melalui kuisioner dianalisa menggunakan rumus-rumus MS. Excel 2016 untuk menyajikan respon yang lebih dominan melalui format persentase pada setiap pernyataan yang bertujuan untuk menentukan sikap mahasiswa berdasarkan respon dan hasil dari wawancara dianalisa secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa para mahasiswa memiliki sikap yang positif terhadap alih bahasa yang digunakan gurunya karena itu berguna untuk perkembangan belajar mereka dan para mahasiswa memiliki sikap negatif pada alih bahasa yang mereka gunakan sendiri karena khawatir dianggap tidak fasih berbahasa Inggris. Kata kunci: Sikap pelajar multibahasa terhadap alih bahasa, pelajar bahasa yang bermultibahasa, sikap positif, sikap negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:16
Last Modified: 08 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item