Novandi, Deri and Trianto, Agus and Gumono, Gumono (2018) PELAKSANAAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi.pdf [thumbnail of Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
ABSTRAK
Novandi, Deri. 2018. Pelaksanaan Literasi dalam Pembelajaran di Kelas VIII
SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Sarjana (S-1) Pendidikan
Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Pembimbing: (I) Dr. Agus
Trianto, M.Pd., (II) Dr. Gumono, M.Pd..
Kata kunci: pelaksanaan literasi, aktivitas pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan literasi yang terjadi 
selama aktivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu.
Pendeskripsian pelaksanaan literasi dalam penelitian ini meliputi kegiatan literasi 
yang berlangsung pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, 
dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa 
hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas VIII 
SMP Negeri 9 Kota Bengkulu mulai dari fase praaktivitas pembelajaran, fase 
aktivitas pembelajaran, hingga fase pascaaktivitas pembelajaran. Dalam penelitian 
ini, analisis data dilakukan secara induktif dimulai dari pengumpulan data, 
penganalisisan, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa pelaksanaan literasi dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota 
Bengkulu telah tercakup dalam aktivitas pembelajaran dengan berbagai metode 
dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sesuai dengan Standar Kompetensi 
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pembelajaran literasi di kelas VIII SMP 
Negeri 9 Kota Bengkulu telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran 
literasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 
Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat memotivasi siswa dan guru dalam
meningkatkan keterampilan literasi informasi dan berkehidupan serta literasi dasar 
siswa (membaca, menulis, dan berbahasa lisan)
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:02 | 
| Last Modified: | 08 Aug 2023 03:02 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14350 | 

