PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Audina, Ise and Susetyo, Susetyo and Arifin, Arifin (2018) PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ISE AUDINA (A1A014005).pdf] Text
SKRIPSI ISE AUDINA (A1A014005).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Audina, Ise. 2018. Penilaian Sikap Siswa dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia oleh Guru Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas
Bengkulu. Pembimbing (I) Dr. Susetyo, M.Pd., Pembimbing (II) Drs.
M. Arifin, M.Pd.
Tujuan penlitian ini untuk mendeskripsikan penilaian sikap dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kelas VII di SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data
dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian sikap di kelas, RPP guru serta
dokumen penilaian sikap yang dibuat guru. Sumber data dalam penelitian ini
adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan seluruh siswa kelas
VII 5 dan VII 8. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui
tiga langkah yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian
ini menujukkan bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN
1 Kota Bengkulu telah melakukan perencanaan penilaian sikap berdasarkan
Kurikulum 2013 dengan mempersiapkan lembar observasi, lembar penilaian diri
dan penilaian antar peserta didik. Pelaksanaan penilaian sikap dengan teknik
observasi oleh guru Bahasa Indonesia berlangsung secara kontekstual dan
terintegrasi saat kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung serta
pelaksanaan penilaian diri dan penilaian antar peserta didik dilakukan guru satu
kali diakhir semester. Pemanfaatan penilaian sikap dengan teknik observasi
dilakukan guru langsung setelah mencatat sikap negatif siswa dalam jurnal dengan
cara memberikan teguran, nasehat, dan membuat surat perjanjian. Hasil penilaian
sikap selama satu semester dilaporkan guru Bahasa Indonesia kepada guru wali
kelas.
Kata Kunci: Penilaian sikap, Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:07
Last Modified: 08 Aug 2023 08:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

View Item
View Item