Lisa, Junita Lisdia and Ariesta, Ria and Agus, Joko Purwadi (2018) ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf [thumbnail of SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Lisa, Junita Lisdia. 2018. Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 15 Kota
Bengkulu. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia.
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing I Dr. Ria Ariesta,
M.Pd., Pembimbing II Drs. Agus Joko Purwadi, M.Pd.
Kata Kunci : Interaksi, Guru dan siswa, Respon Murid (Pupil Respons (PR),
Pertanyaan Guru (Teacher Questions (TQ), Dua Arah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dan
siswa yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri
15 Kota Bengkulu, dengan menggunakan analisis interaksi BIAS (Brown
Interaction Analysis System). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa
di kelas. Objek penelitian adalah interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1)
transkripsi data, (2) kode data, (3) pengidentifikasian data, (4) pengklasifikasian
data, (5) kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
kecenderungan kategori yang muncul pada kegiatan pembelajaran di kelas VII B
dan VII C memiliki perbedaan. Kedua kategori ini selalu terlihat pada setiap
kegiatan pembelajaran yaitu pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir
pembelajaran. Berdasarkan tujuh kategori Brown kategori yang cenderung
muncul di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII B adalah kategori
respon siswa (Pupil Respons (PR) siswa lebih banyak berbicara baik berkomentar
atau bertanya, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, hal ini berkaitan
dengan keterampilan berbicara dan karakteristik materi yang diajarkan.
Sedangkan di kelas VII C kategori yang cenderung muncul adalah kategori
pertanyaan guru (Teacher Questions (TQ) yaitu guru yang lebih dominan
mengajukan pertanyaan kepada siswa, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua
arah, karena ketika guru mengajukan pertanyaan beberapa siswa menjawab
pertanyaan guru tersebut namun hanya sebatas antara guru dengan siswa atau
siswa dengan guru, interaksi yang terjadi berkaitan dengan karakteristik materi
yang diajarkan dan keterampilan yang harus dicapai oleh siswa setelah
pembelajaran selesai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah karakteristik materi
yang diajarkan di kelas VII B dan VII C berbeda, begitu juga dengan keterampilan
yang harus dicapai namun kedua kelas tersebut di dalam proses pembelajaran
interaksi yang mendominasi terjadi sama-sama bersifat dua arah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14375 |