ANALISIS PERTANYAAN BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP

Yuniarti, Nia and Arifin, M. and Padi, Utomo (2018) ANALISIS PERTANYAAN BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi nia yuniarti (Repaired)-compressed-min.pdf] Text
skripsi nia yuniarti (Repaired)-compressed-min.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuniarti, Nia. 2018. Analisis Pertanyaan Bacaan Dalam Buku Teks Bahasa
Indonesia Jenjang SMP. Skripsi. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa
Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Bengkulu.
Pembimbing (I) Drs. M.Arifin, M.Pd., (II) Drs. Padi Utomo, M.Pd.
Kata kunci: Pertanyaan, Bacaan, Taksonomi, Bloom.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsi pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam
buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP menggunakan dimensi kognitif
Taksonomi Bloom dan berdasarkan ciri pertanyaan yang baik. Penelitian ini
menggunakan metode deksriptif dengan instrumen kartu data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks
bahasa Indonesia jenjang SMP pada tingkat kognitif memahami (C2)
mendominasi dengan proporsi persentase yang jauh lebih besar dibandingkan
tingkat kognitif lainnya, yaitu 67% pada buku teks bahasa Indonesia kelas VII,
48,4% pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII, dan 47,2% pada buku teks
bahasa Indonesia kelas IX. Kemudian, proporsi dalam buku teks kelas VII pada
tingkat mengingat (C1) yaitu 3,8%, tingkat menerapkan (C3) 17,9%, tingkat
menganalisis (C4) 16,5%, tingkat mengevaluasi (C5) 6,3%, dan tingkat berkreasi
1,3%. Proporsi dalam buku teks kelas VIII pada tingkat mengingat (C1) yaitu
7,4%, tingkat menerapkan (C3) 17,9%, tingkat menganalisis (C4) 4,2%, tingkat
mengevaluasi (C5) 16,8%, dan tingkat berkreasi 5,3%. Proporsi dalam buku teks
kelas IX pada tingkat mengingat (C1) yaitu 10,7%, tingkat menerapkan (C3)
2,5%, tingkat menganalisis (C4) 14,2%, tingkat mengevaluasi (C5) 19,3%, dan
tingkat berkreasi 6,1%. Hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik,
yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, 30% untuk C5 dan C6. (2)
Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang
SMP masih ada kategori yang belum memenuhi ciri pertanyaan yang baik yaitu
terdapat di dalam ciri nomor (3) Pertanyaan hanya untuk satu masalah, nomor (5)
Jawaban bukan sekadar ya atau tidak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:02
Last Modified: 08 Aug 2023 09:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item
View Item